Authors Guideline

Pedoman Penulisan
Jurnal Menara Perkebunan

 

Naskah.
Naskah untuk publikasi Menara Perkebunan dapat berupa hasil penelitian hasil penelitian orisinil, pengembangan teknologi, review/ulasan tentang bioteknologi dan bioindustri serta aplikasinya pada bidang pertanian, kesehatan dan lingkungan serta aspek bioteknologi yang lain. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, disertai abstrak dalam dua bahasa tersebut. Diketik di atas kertas A4 1,5 spasi (kecuali abstrak 1 spasi), times new roman 12pt dengan, setiap halaman diberi nomor urut pada bagian kanan bawah. Naskah dalam Bahasa Inggris sudah harus dibaca oleh orang yang paham Bahasa Inggris dalam bidang penelitian terkait. Sususan naskah terdiri atas: Judul, Abstrak (dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris), Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan pembahasan, Kesimpulan, Saran (jika ada), Ucapan Terimakasih (Jika ada), Daftar Pustaka. Template penulisan dapat di download pada link berikut : ==>> Download Template Penulisan

Judul Naskah. Judul harus singkat, faktual dan informatif yang mencerminkan secara tepat isi naskah dan tidak lebih dari lima belas (15) kata. Di bawah judul dicantumkan judul dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, disertai nama penulis, instansi dan alamat lengkap penulis, nomor telepon dan e-mail.

Abstrak. Terdiri atas abstrak bahasa Indonesia dan Inggris. Jumlah kata tidak lebih dari 250, memuat intisari dari seluruh tulisan yang meliputi tujuan, bahan dan metode, hasil dan kesimpulan.

Kata Kunci. Minimal tiga sampai lima kata kunci yang terdiri atas satu kata atau gabungan kata yang menunjukan subjek-subjek utama di dalam naskah.

Nama Ilmiah. Untuk penulisan pertama kali, nama ilmiah ditulis lengkap termasuk nama penemunya. Setelah itu dapat disingkat menjadi huruf awal. Jika menggunakan nama dalam bahasa Indonesia atau daerah, untuk pertama kali harus disertai nama ilmiah.

Penyingkatan. Istilah kimia yang panjang disingkat sesuai dengan ketentuan yang berlaku, misalnya DNA, RNA, ATP dst. Tanggal tidak boleh disingkat. Satuan ukuran ditulis lengkap kecuali, jika didahului angka misalnya g, mg, mL. Penulisan jumlah dari nol sampai sepuluh ditulis dengan huruf kecuali yang diikuti oleh satuan ukuran ditulis dengan angka arab, misalnya 3 ton, 7 mL, angka pecahan ditulis secara desimal. Penulisan satuan mg/L bukan mg.L-1. Angka dengan pecahan desimal menggunakan tanda koma (,) untuk naskah berbahasa Indonesia dan titik (.) untuk naskah berbahasa Inggris, sedangkan untuk angka yang menyatakan ribuan dengan tanda titik (.) untuk naskah berbahasa Indonesia dan koma (,) untuk naskah berbahasa Inggris.

Tabel, Gambar/Foto. Judul tabel/gambar/foto dibuat singkat dan jelas, ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Judul tabel diletakkan di atas tabel, judul gambar/foto diletakkan di bawah gambar/foto yang bersangkutan. Grafik statistik disertai dengan file data sumbernya (program Microsoft Excel) untuk memudahkan editing. Seluruh tabel harus dirujuk dalam teks. Tabel harus dituliskan dalam format tabel dari Microsoft Excel (.xlsx). Penomoran tabel dibuat berurutan. Judul tabel ditulis singkat namun lengkap. Judul dan kepala tabel menggunakan huruf kapital pada awal kalimat. Garis vertikal tidak digunakan. Catatan kaki menggunakan angka dengan kurung tutup dan diketik superscript. Tanda * atau ** digunakan untuk menunjukkan tingkat nyata berturut-turut pada taraf kesalahan 5% dan 1%. Jika digunakan taraf nyata yang lain, gunakan simbol tambahan.

Daftar Pustaka.
Ketentuan untuk pustaka sebagai rujukan adalah: Sumber pustaka (jurnal, paten , tesis, prosiding, dan buku teks) yang aktual (minimal jurnal yang diguakan sebagai acuan 80% ditulis dalam 10 tahun terakhir, jurnal lama dan buku maksimal 20%).
Daftar pustaka disusun secara abjad ditulis memakai sistem CBE Council of Biology Editors 1994. Scientific Style and Format. Cambridge: Cambridge Univ. Publ. Judul jurnal yang diacu disingkat sesuai dengan World List of Scientific Periodicals. Penulisan daftar pustaka menggunakan Mendeley atau EndNote. Beberapa contoh penulisan sumber acuan:

Buku

Tan KH (2003). Humic Matter in Soil and Environment. New York, Marcel Dekker.

Jurnal

Ahmad N, F Hassan & G Qadir (2007). Effect of subsurface soil compaction and improvement measures on soil properties. Int J Agric & Biol 9(3), 510-513.

Bab dalam Buku

Patrino GP & W Ansorge-Oades (2005). Moleculer diagnostics: past. present, and future. In: Patrinos GP & W Ansoerge (ed), Molecular Diagnostic. Amsterdam, Elsevier Academic Press. p. 1-12.

Prosiding

Solichin A & JB Calvin (2007). Utilization of coal material for drying systems in crumb rubber processing. In: Proc Int Rubb Conf & Exhibition. Bali, 13-15 June 2007 p, 265-269

Informasi dari internet

Dunford N (2002). ADM Launches Fat-Fighting Cooking Oil. Food & Agricultural Products Center. December 17, 2002. Diunduh dari http://www.fapc. okstate.edu/FAPC-Flash/newcooking oil.pdf. [21 Juli, 2009]

Seluruh pedoman penulisan naskah dapat di download pada link berikut : ==>> Download Pedoman Penulisan MP

Contoh Cetak dan Cetak Lepas. Contoh cetak (Proof) dikirim kepada penulis untuk dibaca ulang dan disetujui terbit, dengan dibubuhi paraf untuk persetujuan cetak.

Mekanisme Seleksi Naskah. Naskah di upload pada e-journal mp.iribb.org. Petunjuk uploading naskah serta mekanisme reviwing dapat di download pada link berikut : ==>> Download Petunjuk Upload Naskah MP. Naskah yang masuk akan dinilai oleh Dewan Redaksi, apabila sesuai dengan misi jurnal maka akan dilakukan penelaahan oleh penelaah intern. Hasil penelaahan intern dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki dalam waktu 7 hari. Hasil perbaikan dikirim kembali kepada Redaksi, selanjutnya akan dikirim kepada Mitra Bestari sesuai bidang kepakarannya. Hasil koreksi Mitra Bestari dikirimkan kembali ke penulis, dan hasil koreksi penulis segera dikembalikan kepada Redaksi.